Manfaat Susu Kambing Untuk Anak Bayi & Balita

Susu kambing etawa pada dasarnya memiliki karakteristik hampir setara dengan ASI, dari sisi nutrisi & gizi serta mudah untuk di cerna karena sangat cocok dengan sistem pencernaan kita. Akan tetapi bolehkah susu kambing etawa di peruntukkan bagi anak anak, bayi dan juga balita? Mari kita bahas di artikel kali ini seputar Manfaat Susu Kambing Untuk Anak.

Kami sebagai penjual selalu mengajurkan untuk diberikan kepada balita diatas 1 tahun. Mengapa demikian? Karena selain untuk mendukung program pemerintah untuk mengupayakan ASI bagi setiap bayi di Indonesia. Dulu banyak yang beranggapan boleh diberikan setelah menginjak usia 6 bulan. Dengan alasan umumnya di usia MPASI bayi sudah cukup siap sistem pencernaanya untuk menerika susu kambing etawa. Akan tetapi setelah mendapatkan penyuluhan dari BPOM, sebaiknya diberikan setelah usia 1 tahun keatas. Karena tidak bisa di samaratakan untuk kondisi masing masing bayi. Sebelum masuk ke manfaat dan kelebihan susu kambing etawa untuk anak balita. Ternyata susu kambing etawa juga memiliki kekurangan.

Kekurangan Susu Kambing Etawa :

  • Kandungan asam folat yang rendah. Inilah yang menjadikan alasan mengapa susu kambing sebaiknya untuk usia 1 tahun keatas, karena di usia usia 0-1 tahun bayi sangat membutuhkan asam folat untuk perkembangan otak dan juga menunjang pertumbuhannya. Bahkan bayi sudah sejak di dalam kandungan sangat memerlukan asam folat untuk mengurangi terjadinya bayi lahir cacat. Bunda yang sedang mengandung seharusnya memperhatikan asupan asam folat. Asam folat bisa di dapatkan dari makanan buah buahan dan juga sayur sayuran. Untuk informasi sayur dan buah apa saja yang banyak mengandung asam folat silahkan googling atau bertanya kepada dokter anak.
  • Kandungan vitamin B12 yang rendah. Padahal vitamin B12 sendiri bermanfaat untuk membantu dan menjaga dalam pembentukan sel-sel saraf pada anak. Membantu dalam pembentukan serta menjaga kesehatan dari sel-sel darah merah anak sehingga stamina anak selalu prima dan tidak mudah lelah. Vitamin B12 juga dapat mencegah anak terjangkit anemia. Solusinya vitamin B12 bisa didapatkan melalui asupan makanan seperti ikan, kerang-kerangan, daging, dan telur.

Ok sampai disini sudah cukup jelas ya mengapa kami menganjurkan susu kambing etawa di konsumsi setelah usia menginjak 1 tahun keatas. Akan tetapi ada kasus kasus tertentu yang memang tidak ada pilihan lain selain susu kambing.

catatan khusus : Kami contohkan, ada beberapa konsumen kami yang memberikan susu kambing etawa kepada bayi mereka dikarenakan ASI tidak mau keluar, dan sudah di beri alternatif lain seperti susu formula akan tetapi ternyata bayi nya memiliki alergi terhadap susu sapi. Dan kebetulan juga tidak cocok dengan susu kedelai. Pilihan terakhir adalah susu kambing etawa. Akan tetapi sebelumnya juga kami beri pengertian terlebih dahulu. Dan untuk kasus khusus seperti ini kami selalu menganjurkan untuk terus berkonsultasi dengan dokter anak yang menangani. Jika memang dirasa tidak masalah pada perkembangan bayi. Dan asupan asupan yang tidak bisa didapatkan dari susu kambing seperti asam folat dan vitamin B12 harus di gantikan dengan asupan alternatif dari makanan.

 

Faktanya memang susu kambing merupakan alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Seperti yang di paparkan oleh Dr. William Sears, (seorang dokter anak di Amerika) yang di kutip dari website Parenting.com “Saya sering menyarankan orangtua untuk memberikan susu kambing pada bayinya, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau tidak bisa menoleransi (alergi) susu sapi. Hal ini karena susu kambing lebih mudah dicerna.”

Begitu juga dengan Dr Sears yang mengatakan bahwa beberapa orangtua sering melaporkan reaksi alergi dari bayinya akan hilang atau membaik setelah diberikan susu kambing.

manfaat susu kambing etawa untuk anak

Manfaat Susu Kambing Untuk Anak

  1. Meminimalisir alergi terhadap protein susu. Seperti yang telah kita bahas diatas, susu kambing etawa bisa menjadi alternatif bagi mereka yang alergi terhadap protein susu. Sifat dan karakteristik yang hampir sama dengan ASI sangat cocok dengan sistem pencernaan sehingga tidak menimbulkan alergi.
  2. Struktur Lemak Yang Lembut menjadi bermanfaat bagi tubuh, karena mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Asam lemak rantai pendek dan menengah lebih tinggi di bandingkan susu sapi. Ini menjadi keunggulan susu kambing etawa.
  3. Kandungan Kalsium, vitamin B6, vitamin A, potasium, niasin dan antioksidan selenium yang lebih tinggi dibandingakan dengan susu sapi juga menjadi keunggulan bagi susu kambing.
  4. Kalsium sangat bermanfaat untuk pertumbuhan serta menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga terhindar dari osteoporosis, kalsium juga dapat membantu menjaga tekanan darah.
  5. Vitamin B6 atau bisa disebut juga pyridoxine adalah nutrisi yang sangat penting bagi fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat.
  6. Susu kambing etawa sebagai alternatif bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi yang dikarenakan oleh tingginya laktosa. Susu etawa memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah dari pada susu sapi.
  7. Meningkatkan kecerdasan anak.
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh (antibodi alami) sehingga menghindarkan anak terserang penyakit.
  9. Dapat di jadikan sebagai alternatif pengobatan ASMA, flek paru paru, TBC, dan bronkitis.
  10. Terhindar dari Anemia

Tips Mengonsumsi Susu Kambing

Pada dasarnya susu kambing etawa yang baik adalah pada saat kondisi masih segar, akan tetapi perlu di perhatikan juga sterilisasi (kebersihannya). Karena susu etawa cair tidak dapat bertahan lama, mudah terkontaminasi bakteri dan basi. Kekurangan susu kambing etawa segar cair murni adalah susahnya pendistribusian karena memang tidak tahan lama. Jadi susah untuk mendapatkan susu etawa yang masih fresh kecuali di lokasi lokasi dekat peternakan. Oleh karena itu masyarakat lebih cenderung memilih susu kambing etawa dalam bentuk bubuk. Saat ini sudah banyak sekali produsen yang memproduksi produk susu kambing etawa bubuk. Sedikit catatan dari kami, pilihlah produk yang memang sudah lolos uji BPOM dan juga Halal MUI. Karena dengan pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan kualiti kontrol sebuah produk dapat diawasi. Baca juga artikel efek samping susu kambing etawa.

Yang kedua, belilah dari agen atau distributor resmi yang sudah terbukti keaslian produknya. Karena banyak sekali agen agen / distributor abal abal yang menjual dengan iming iming harga rendah. Cara paling simpel untuk membedakannya adalah cek harga pasar. Mereka yang menjual dibawah harga pasar patut untuk dicurigai produk blacklabel / ilegal. Karena tidak mungkin harga jual konsumen dibawah dari harga yang sudah ditetapkan dari pabrik.

Produk yang kami jual sudah melalui tahap uji dan lolos uji BPOM dan Halal MUI. Susu kambing etawa bubuk diolah dan diolah dan diproses dengan menggukan teknologi modern (Bio-Teknologi) dengan standart GMP (Good Manufacturing Practice).

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat memberikan pencerahan. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman / saudara supaya semakin banyak yang mengetahui manfaat susu kambing untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *